Apa yang Membedakan ?

Entah, apa yang saya fikirkan hari ini, tapi yang jelas terbersik suatu kata yang ingin saya ulas hari ini, yaitu 'perbedaan'..
Semua orang tentu sudah mengetahui bahwa perbedaan itu jelas artinya yaitu BERBEDA.. Berbeda berarti tidak sama. Itulah yang biasanya diucapkan oleh seseorang yang ingin memberikan pengertian tentang Berbeda.
Kita biasa melihat itu berbeda, akan tetapi just say it. seringkali tidak menjelaskan apa yang membuatnya berbeda dan bahkan tidak mampu mengatakan bahwa itu memang berbeda. Hanya bisa memikirkan dalam kepala apa sih yang membuat hal itu berbeda ?


Nah, apa yang membedakan ? kenapa harus hal itu berbeda? dan mengapa kita harus membuatnya berbeda serta bagaimana membedakan bahwa hal itu berbeda?
Sedikit rumit, untuk mengungkapkanyya. Bahkan saat saya mengetik untuk mempost ini, saya masih memikirkan apa yang akan saya ketik. Jadi, ini benar - benar sulit. karena sebelumnya saya belum memikirkan apa ingin saya utarakan!

Apa yang membedakan ?
Membedakan sesuatu hal berarti memiliki substansi pemisah yang menjadi tonggak pembicaraan sehingga hal itu bisa dikatakan berbeda. Sekarang, substansi apa yang bisa memisahkannya sehingga itu bisa dikatakan berbeda? Jelas, kita harus melihat dulu apa sebenarnya yang ingin kita bedakan, lalu melihat substansinya. Karena ketika kita melihat substansi tanpa mengetahui apa yang kita ingin bedakan jelas akan membuat banyak penafsiran. Karena, kita tidak memberikan satu kepastian apa yang ingin kita bedakan. !
Saat kita telah memberikan satu kepastian tentang apa yang ingin kita bedakan,serta substansi pembedanya juga telah kita tentukan. Maka, sungguh sudah tidak ada perkara lagi,serta kita bisa memberikan apa dasar sampe hasil yang bisa kita temukan.
Jika dipandang dari sudut matematikanya contohnya dalam operasi pertambahan (+). kita telah mengetahui apa yang ingin kita masukan diantara tanda (+)nya. dan tanda (+) disini berperan sebagai substansi pemisah. ini konkrit kan ? saat kita telah mengetahui dua unsur tersebut maka dengan sangat jelas setelah tanda 'sama dengan '(=) kita mengetahui hasilnya .

Kenapa harus hal itu berbeda?
Dalam konteks pembicaraan ini, tentu yang menjadi titik tolak kita juga berbeda. kenapa harus hal itu berbeda? karena ada sesuatu hal yang membuat sesuatu itu tidak boleh sama misalnya. Jelas hal itu harus berbeda.

Mengapa kita harus membuatnya berbeda ?
kita membuatnya berbeda, agar tidak sama kan konkritnya. Tapi itu tidak mengandung unsur jawaban yang memuaskan penanya. Kita harus membuatnya berbeda sebab saat hal itu tidak berbeda, maka akan sulit untuk mengenalinya.

bagaimana cara kita membedakan ?
Bagi pembaca yang hanya membaca saja pasti tidak akan menyadari, bahwa bagaimana cara kita membedakannya sebenarnya sudah saya berikan penjelasan pada "apa yang membedakan".. Bagi pembaca yang bisa membacanya secara tersirat, itu berarti otak anda masih berjalan dengan baik, dan masih fokus pada apa yang saya ketik pada post ini.
:D

Satu lagi, jangan takut akan perbedaan. karena anda tidak akan bisa dikenal oleh orang lain jika anda sama dengan orang lain. Sebab, jika anda sama dengan mereka, berarti anda akan sama seperti pasir di tepi laut. Jika kita mengambilnya segenggam dan melemparnya, akan sulit untuk mencarinya. Namun, jadilah MUTIARA diantara pasir tersbut.

Penulis : Ririn Puspitasari ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Apa yang Membedakan ? ini dipublish oleh Ririn Puspitasari pada hari Kamis, 06 Desember 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Apa yang Membedakan ?
 

0 komentar:

Posting Komentar