PERANAN ORANG TUA TERHADAP ANAK



Peranan berasal dari kata peran, berarti sesuatu yang menjadi bagian atau memegang pimpinan yang terutama.
Peranan menurut Levinson sebagaimana dikutip oleh Soejono Soekamto, sebagai berikut : Peranan adalah suatu konsep prihal apa yang dapat dilakukan individu yang penting bagi struktur sosial masyarakat, peranan meliputi norma-norma yang dikembangkan  dengan  posisi  atau  tempat  seseorang  dalam  masyarakat, peranan  dalam  arti  ini  merupakan  rangkaian  peraturan-peraturan  yang membimbing seseorang dalam kehidupan kemasyarakatan├«.
Menurut  Biddle  dan  Thomas,  peran  adalah  serangkaian  rumusan  yang membatasi  perilaku-perilaku  yang  diharapkan  dari  pemegang  kedudukan  tertentu. Misalnya  dalam  keluarga,  perilaku  ibu  dalam  keluarga  diharapkan  bisa  memberi anjuran,  memberi  penilaian,  memberi  sangsi  dan  lain-lain.


Orangtua adalah ayah dan/atau ibu seorang anak, baik melalui hubungan biologis maupun sosial.
Anak (jamak: anak-anak)adalah seorang lelaki atau perempuan yang belum dewasa atau belum mengalami masa pubertas. (source :http://id.wikipedia.org)
Jadi, dapat disimpulkan bahwa peranan orang tua terhadap anak yaitu sesuatu yang menjadi tanggung jawab orang tua
Pada umumnya, orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam membesarkan anak. Orang tua (keluarga) merupakan tempat pertama dan paling utama bagi tumbuh kembang anak. Dari sejak dalam kandungan, peranan orang tua dalam mendidik anak sangat menentukan. Melalui orang tua pula seorang anak, dari sejak lahir, akan belajar dan menyerap berbagai pengalaman hidup.
Seorang anak, dilahirkan dalam kondisi putih bersih laksana kertas. Melalui interaksi dengan lingkungannya seorang akan belajar hidup. Baik interaksi melalui mata terhadap setiap peristiwa yang dilihatnya. Melalui telinga berdasarkan suara yang didengar. Juga melalui panca indera lainnya seorang akan beraksi dan merespon. Orang tualah yang menentukan coretan atau lukisan hidup seorang anak.
Secara alamiah, perilaku orang tua menjadi rujukan pertama bagi seorang anak dalam mempelajari kehidupan. Melalui keteladanan orang tua, seorang anak pada tahap awal akan bisa mengetahui siapa dirinya dan dengan siapa ia berinteraksi.
Peranan orang tua dalam mendidik anak dapat berupa :
1.   Orang tua harus dapat memberi teladan yang baik bagi anak – anaknya, utamanya pada waktu anak berusia dini.
2.   Sebagai wujud rasa sayang pada anak, orang tua harus “hadir” pada saat dibutuhkan anaknya  dan tidak ikut campur pada saat tidak dibutuhkan guna memberi kesempatan si anak belajar mandiri
3.   Mendidik anak untuk menjadi pribadi yang berguna bagi orang lain, atau paling tidak berguna bagi dirinya sendiri alias mandiri
4.    Tidak melibatkan anak dalam konflik orang tua, sehingga tidak menimbulkan kebingungan bagi si anak harus berpihak pada siapa. Biarkan sianak tetap memiliki rasa hormat pada kedua orang tuanya.

*saya lupa, ini tugas apa.. tapi saya posting saja untuk berbagi sedikit :)
RIRIN PUSPITASARI


Penulis : Ririn Puspitasari ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel PERANAN ORANG TUA TERHADAP ANAK ini dipublish oleh Ririn Puspitasari pada hari Jumat, 19 Oktober 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan PERANAN ORANG TUA TERHADAP ANAK
 

0 komentar:

Posting Komentar